twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Selasa, 03 April 2012

Mengenal Tanda, Gejala, dan Penyebab Pneumonia

Pneumonia telah menewaskan banyak orang. Pada tahun 1930an, pneumonia merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Sebelum dikenal adanya antibiotik, sepertiga dari orang yang menderita penumonia akan meninggal. Terdapat 27 tanda dan gejala pneumonia yang telah diakui oleh ahli medis. Dari jumlah ini, sebagian besar berhubungan dengan pernapasan, beberapa berhubungan dengan nyeri, sisanya berhubungan dengan batuk dan suhu tubuh. Mengenali tanda dan gejala pneumonia memungkinkan setiap orang untuk memulai penanganan penyakit ini sejak dini: 

Fungsi
Beberapa gejala utama pneumonia berhubungan dengan fungsi paru-paru. Sesak napas, napas yang dangkal dan cepat juga menjadi indikasi pneumonia.
Cairan dapat menghalangi saluran napas dan menumpuk di paru-paru yang menyebabkan masalah pernapasan. Peningkatan frekuensi napas atau jumlah napas dalam satu menit yang lebih dari normal, bisa pula berarti pneumonia. 

Signifikansi
Terdapat beberapa gejala pasti pneumonia yang memudahkan proses diagnosis oleh dokter. Pertama adalah batuk dengan dahak kuning-kehijauan.
Dahak seperti ini mengindikasikan pneumonia sudah berada dalam tahap lama dan serius. Batuk dengan dahak berdarah mungkin juga menyertai pneumonia.
Terakhir, sianosis, dimana bibir dan jari berubah menjadi kebiruan karena kurangnya oksigen, merupakan tanda yang lain. 

Identifikasi
Terdapat tanda dan gejala lain pneumonia yang dapat digunakan oleh dokter untuk mengidentifikasi penyakit ini. Termasuk diantaranya adalah nyeri otot dan sakit kepala. Juga gejala lain seperti kelelahan dan mengantuk. 

Pertimbangan
Pneumonia bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, virus ataupun parasit. Salah satu jenis yang berbahaya adalah hospital pneumonia.
Penumonia jenis ini terjadi pada saat sesesorang berada di rumah sakit karena penyakit lain. Saat tubuh dalam kondisi yang lemah, maka akan mudah terkena mikroorganisme yang ada di rumah sakit dan menimbulkan penyakit tersebut.
Gejala hospital pneumonia sama dengan pneumonia yang lain. Orang yang sudah lanjut usia adalah kelompok yang paling berisiko terkena penyakit ini. 

Kurun Waktu
Periode inkubasi pneumonia bervariasi tergantung kepada jenis virus atau bakteri penyebabnya.
Beberapa jenis mungkin memerlukan waktu seminggu dari munculnya gejala awal sedangkan yang lainnya bisa lebih cepat yaitu 18 jam setelah terinfeksi.
Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dalam kurun waktu satu atau dua minggu tetapi pneumonia yang disebabkan virus akan lebih sulit sehingga memerlukan waktu lebih panjang yaitu empat sampai enam minggu sebelum akhirnya sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar